Cara Mudah Merawat Pompa ASICara Mudah Merawat Pompa ASI
Lifestyle

5 Cara Mudah Merawat Pompa ASI agar Awet dan Tahan Lama

Perlengkapan pompa ASI merupakan salah satu investasi barang berharga bagi seorang ibu menyusui. Terutama bagi ibu menyusui yang sibuk bekerja. Ya tentu saja, pasalnya jangka waktu penggunaan pompa ASI panjang hingga mencapai 1 tahun. Selain membersihkan pompa manual dengan benar, ada cara lain untuk menjaganya tetap awet. Yuk simak!

  • Periksa Manual Book

Sebelum memutuskan untuk merawat dan menggunakan pompa ASI, hal paling pertama yang perlu Anda lakukan adalah membaca manual book yang tersemat di dalam kemasan pompa ASI yang baru saja Anda beli. Hal ini tentunya sangat penting untuk Anda lakukan agar mengetahui apa saja hal yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan selama menggunakannya.

Pada umumnya manual book tersebut juga dilengkapi dengan prosedur cara menggunakan dan cara perawatan perlengkapan pompa ASI yang Anda beli. Pasalnya bisa saja pompa ASI yang Anda beli membutuhkan perawatan yang dan perlakuan khusus berbeda dengan beberapa jenis pompa ASI lainnya.

  • Cek Bagian Pompa

Anda juga perlu memperhatikan semua bagian pompa ASI yang akan digunakan dengan sekasama. Terutama bagi pompa ASI jenis elektrik. Motor merupakan bagian terpenting dari pompa ASI elektrik yang perlu Anda sek setiap setahun sekali. Sedangkan untuk jenis pompa ASI manual, membran merupakan bagian terpenting yang perlu Anda perhatikan.

  • Cuci Pompa Setiap Selesai Digunakan

Pastikan Anda membersihkan pompa manual sesegera mungkin setelah digunakan. Jangan menunda untuk membersihkannya. Seban hal ini dapat memberi kesempatan pada kuman dan bakteri untuk dapat berkembang di dalamnya. Bagian pompa ASI yang harus rutin Anda bersihkan adalah bagian yang terkontaminasi langsung dengan ASI.

Bagi ibu menyusui yang sibuk bekerja, membersihkan pompa ASI bisa menjadi hal yang sangat merepotkan. Namun Anda bisa menyiasatinya dengan memasukkannya bagian yang terkontaminasi dengan ASI ke dalam lemari es. Meskipun begitu Anda juga harus segera membersihkannya dengan bantuan sabun khusus pencuci botol minum bayi.

  • Sterilisasi

Setelah proses pencucian selesai, jangan lupa untuk membersihkan semua bagian pompa ASI secara menyeluruh. Pastikan Anda melakukan sterilisasi yang bermanfaat untuk membunuh kuman secara menyeluruh. Proses sterilisasi ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan direbus menggunakan air mendidih dan dimasukkan ke dalam mesin khusus sterilisasi.

  • Keringkan

Setelah proses sterilisasi selesai tentunya masih ada air yang tertinggal di bagian dalam pompa ASI. Terutama untuk proses sterilisasi yang dilakukan dengan cara perebusan. Hal ini tentunya harus membuat Anda mengeringkannya secara menyeluruh. Selama proses pengeringan, pastikan menggunakan kain khusus agar perlengkapan pompa tidak terkontaminasi bakteri.

Itulah 5 cara mudah merawat dan membersihkan pompa manual agar tetap awat dan tahan lama. Mengingat jangka waktu penggunaannya yang terbiang cukup lama hingga 1 tahun tentunya Anda harus merawatnya dengan benar agar tetap awet dan tahan lama. Anda juga bisa mendapatkan tips-tips menarik lainnya seputar ibu dan anak hanya di orami.co.id.