Apa Itu Spooring Mobil? Apakah Penting Dilakukan?
Others

Apa Itu Spooring Mobil? Apakah Penting Dilakukan?

Mobil merupakan kendaraan pribadi yang dari tahun ke tahun sudah semakin banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama di daerah perkotaan. Kendaraan roda 4 tersebut menjadi pilihan banyak orang karena bisa memuat lebih banyak penumpang dan lebih terlindungi dari segala cuaca. Namun, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, ada baiknya Anda rajin-rajin melakukan spooring mobil.

Tidak jarang pengendara atau pemilik mobil melalaikan spooring, karena dianggap tidak terlalu penting atau memakan banyak waktu. Padahal dengan melakukannya, mobil Anda akan tetap selalu aman dan pastinya nyaman untuk di bawa ke mana pun. Selain itu, alasan pemilik mobil tidak melakukan spooring karena mereka tidak tahu apa itu spooring.

Bagi Anda yang masih awam, spooring merupakan penyetelan atau pengaturan pada suatu sudut geometri yang harus dilakukan di semua bagian roda, baik itu depan maupun belakang. Hal tersebut harus diperlukan agar semua roda-roda dapat selaras dan sesuai dengan peletakannya.

Ketika Anda sedang mengemudikan mobilnya dan terasa tidak nyaman, itulah tanda-tandanya kalau roda perlu dilakukan spooring. Tanda-tanda yang tidak nyaman tersebut, seperti mobil akan bergerak tiba-tiba ke arah kiri saat setirnya Anda lepas, mobil terasa seperti oleng atau goyang, setir menjadi licin, dan sebagainya.

Jangan sampai Anda melalaikannya ketika sudah mulai terjadi tanda-tanda tersebut, karena akan sangat berbahaya untuk di bawa pergi, apalagi yang tujuannya sangat jauh. Dari beberapa manfaat melakukan spooring di bawah ini, tentunya menandakan sangat penting Anda harus rajin-rajin menyetelnya. Berikut manfaatnya.

  • Kestabilan lurus lebih terjaga

Kestabilisan lurus yang dimaksud adalah mobil yang dikendarai akan tetap selalu berjalan ke arah depan lurus tanpa berbelok-belok tanpa sebab, baik itu melewati jalan yang rata atau yang berbelok-belok. Tentu saja dengan kondisi mobil seperti itu, Anda akan merasa nyaman memegang kemudinya dan tidak terlalu lelah menyetirnya.

  • Keausan ban lebih rata

Ban yang jarang dilakukan spooring pasti lama kelamaan akan berada di posisi yang tidak sesuai dengan standarnya. Karena itulah, untuk memperbaikinya, Anda perlu menyetelnya lagi agar kembali ke posisi sudut standarnya. Ketika berada di posisi tersebut, tapak ban dengan permukaan jalan akan menjadi lebih rata. Itulah yang menyebabkan efek jangka panjang di mana roda akan semakin lama keausannya.

  • Setir mobil lebih mudah dikendalikan

Terkadang, mobil akan sulit dikendalikan karena berbagai penyebab, salah satunya adalah geometri roda tidak disetel dengan baik. Hal tersebut yang akan membuat roda tidak dapat menapak di jalanan dengan benar. Tentu akan sangat berbahaya karena setir menjadi tidak seimbang.

Berbeda jika Anda rutin melakukan spooring mobil. Geometrinya yang sudah tersetting dengan benar, pastinya akan menapak di jalanan dengan baik. Pada kondisi roda seperti itu, tentunya Anda tidak perlu khawatir lagi roda bergerak ke satu arah saja. Anda pun juga akan semakin mudah mengendalikan setirannya.

  • Redaman jalan menjadi semakin lebih baik

Seperti yang sudah kita ketahui, komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan jalanan hanyalah ban. Ketika berada di permukaan jalan yang bergelombang atau rusak, roda akan menjalankan fungsinya untuk menyerap kejutan-kejutan, sehingga pengemudi dan penumpang tidak akan terlalu merasakan goncangan yang terjadi.

Melakukan spooring tentu saja akan menyeting geometri bannya ke posisi yang tepat. Hal tersebut otomatis membuat getaran akan semakin teredam dan suspensi. Anda juga tidak akan merasakan goncangan yang terlalu berlebih, apalagi bagi penumpang yang duduk di bagian belakang.

  • Kemudi menjadi semakin baik

Kemudi akan memberikan efek gaya balik di mana gaya tersebut terjadi saat setirannya Anda belokan ke salah satu arah. Ketika gaya balik terjadi, roda akan terdorong untuk mengarah lagi ke lurus depan. Pastinya ada efek menguntungkan dengan adanya gaya tersebut. Anda menjadi tidak terlalu sulit mengemudikannya, karena setirnya terasa ringan dan mudah untuk mengembalikannya ke kondisi semula.

Anda akan merasakan hal tersebut jika pengaturan geometrinya dilakukan dengan tepat. Tentunya Anda akan merasa aman untuk mengemudikannya dibandingkan Anda tidak menyetting rodanya.

Dari manfaatnya tersebut, tentu Anda sudah mulai memahami, bukan pentingnya melakukan spooring mobil? Lakukanlah secara rutin. Kalau Anda memang tidak bisa melakukannya sendiri di rumah, Anda dapat datang ke bengkel atau service untuk penyettingannya. Pengemudi dan penumpang aman, pastinya perjalanan akan semakin nyaman serta menyenangkan.