Kapan Harga Mobil Toyota Turun? Sudah Saatnya Beli Mobil Baru
Others

Kapan Harga Mobil Toyota Turun? Sudah Saatnya Beli Mobil Baru

Ada kalanya harga mobil Toyota mengalami kenaikan maupun penurunan. Biasanya, harga mobil menjadi turun karena perusahaan mengeluarkan produk-produk baru. Atau, bisa juga vendor lain merilis mobil dengan harga yang sama tetapi dengan spesifikasi lebih tinggi. Hal-hal tersebut memang sangat memengaruhi kenaikan atau penurunan harga mobil. Namun, di Indonesia sendiri ada waktu-waktu tertentu kapan harga mobil bisa turun dan menjadi menguntungkan bagi konsumen. Biasanya karena adanya diskon besar-besaran, promo, dan event-event tertentu yang diberikan perusahaan mobil. Di saat inilah waktu yang tepat untuk berburu mobil baru.

Waktu yang Tepat Berburu Mobil Baru dengan Harga Murah

Untuk mendapatkan mobil kualitas bagus, masih baru dengan garansi penuh tetapi harganya lebih murah, cobalah beli di waktu-waktu berikut ini;

  • Beli mobil baru di akhir tahun

Bukan hanya pakaian atau buku yang sering cuci gudang di akhir tahun, perusahaan mobil pun sering kali mengadakan promo atau diskon akhir tahun. Hal ini karena mereka harus benar-benar menghabiskan stock di tahun tersebut, sehingga mati-matian menjual ke konsumen. Jika tidak laku juga, diskon besar-besaran pun tidak ragu untuk dilakukan.

Sebagai konsumen yang suka berpikir ekonomis, sudah pasti masa-masa akhir tahun seperti ini adalah berkah tersendiri. Anda bisa membeli mobil yang masih benar-benar baru, dengan harga yang murah. Meskipun mobil tersebut bukan keluaran paling baru, setidaknya kondisinya masih fresh. Tentu mobil seperti ini lebih baik kualitasnya daripada Anda harus memberi bekas yang harganya tidak jauh berbeda.

  • Beli mobil baru di awal tahun

Bukan hanya di akhir tahun, terkadang diskon besar-besaran pun masih berlanjut di awal tahun. Apalagi, mobil yang keluar di awal tahun adalah produk-produk segar, baru keluar pabrik alias baru diluncurkan. Hal ini sangat menguntungkan karena mobil tersebut sudah jelas keluaran terbaru, harganya terjangkau, dan kualitasnya dijamin maksimal.

Hanya saja, menunggu membeli mobil di awal tahun terkadang tidak seperti apa yang kita harapkan. Sebab, ketika awal tahun, harga mobil bisa saja naik drastis atau turun drastis. Hal itu dipengaruhi oleh persaingan pasar, dan kekuatan brand yang sedang digemari masyarakat saat itu. Brand dengan banyak penggemar, biasanya tidak segan untuk menaikkan harga. Sedangkan brand mobil yang melemah akan mencoba segala cara untuk membuat konsumen tertarik, salah satunya dengan menurunkan harga.

  • Setelah musim lebaran

Sudah menjadi hal umum bahwa sebelum lebaran, orang-orang banyak yang membeli mobil baru. Persaingan penjualan mobil ini akan sangat lancar sebelum lebaran. Hanya saja, usai lebaran, penjualan akan turun drastis. Bahkan, tidak sedikit orang yang menjual mobilnya usai lebaran. Di waktu-waktu sepi peminat, para penjual mobil akan bersaing harga. Banyak yang menjual mobil dengan harga murah supaya perputaran penjualan tidak berhenti.

Di saat tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membeli mobil, entah yang baru maupun yang bekas. Coba saja cari yang menawarkan banyak promo dan diskon.

Namun, selain memperhatikan waktu-waktu tersebut, Anda juga harus memperhatikan kondisi keuangan Anda sendiri. Supaya tidak membebani Anda di kemudian hari dengan cicilan yang tinggi, sebaiknya kumpulkan uang muka terlebih dulu. Setidaknya 30%, atau untuk lebih aman, kumpulkan uang muka hingga 50%. Meskipun harus membuat Anda bersabar, tetapi setidaknya akan memudahkan pelunasan jika memang membeli secara kredit. Berbeda lagi jika memang dari awal Anda dapat membeli dengan tunai, maka tidak ada yang perlu dipikirkan lagi.