Kesehatan

Penyebab, Tanda dan Gejala Kanker otak

Terletak di antara permukaan otak dan tengkorak ada tiga lapisan membran yang disebut meninges, yang menutupi seluruh otak dan sumsum tulang belakang.

Antara lapisan-lapisan ini adalah celah yang disebut interval laba-laba. Di sekitar laba-laba ini mengandung massa cairan yang disebut cairan serebrospinal (CSF).

Seperti oragan lain di dalam tubuh, otak terdiri dari sel-sel. Ada sekitar 40 miliar neuron yang disebut neuron di otak. Orang yang lahir memiliki jumlah noron yang sama, tidak seperti sel lain, sel saraf tidak dapat saling menggantikan. Bahkan, seiring bertambahnya usia, jumlah neuron menurun.

Sel-sel roh terhubung satu sama lain dan ke bagian lain dari tubuh dengan mengirimkan informasi melalui jaringan atau jaringan saraf.

Sel saraf dijaga tetap dan dibantu oleh sel glial. Ada banyak jenis sel glial, termasuk astrocytes, sel glial, dan sel-sel dari cairan serebrospinal.

Struktur dan fungsi otak

Bagian utama otak meliputi:

  • Otak (otak depan) menempel pada belahan otak kiri dan kanan
  • Cerebral Palsy
  • Batang otak.

Otak depan : Ini adalah area terbesar otak dan melibatkan fungsi mental tingkat tinggi seperti pemikiran dan ingatan. Ini dibentuk oleh 2 bagian otak belahan otak. Belahan kanan mengontrol sisi kiri tubuh dan hemisfer kiri mengontrol sisi kanan tubuh. Setiap belahan dibagi menjadi empat bagian, biasa disebut lobus, termasuk lobus frontal, vertebra, lobus temporal, ligamen oksipital. Setiap lobus mengontrol aktivitas yang berbeda.

Otak: Ini adalah bagian belakang otak dan berhubungan dengan keseimbangan dan koordinasi. Aktivitasnya otomatis dari pikiran bawah sadar, tidak dikontrol oleh manusia.

Batang otak: Batang otak mengarahkan fungsi penting dasar untuk mempertahankan kehidupan, termasuk sirkulasi darah, pernapasan, detak jantung termasuk berkedip dan menelan. Ini adalah ujung otak dan menghubungkan hemisfer serebri ke sumsum tulang belakang.

Penyebab tumor otak ganas

Meskipun penyebab tumor otak primer belum ditentukan, penelitian masih terus berlangsung. Tumor otak, seperti kanker lainnya, tidak menular ke orang lain.

Penyebab tumor sekunder selalu menjadi kanker utama di suatu tempat di dalam tubuh.

Tanda, Gejala dan Diagnosis Kanker Otak

Bagaimana cara mendiagnosis kanker otak?

Biasanya, jika Anda memiliki gejala yang berkembang perlahan, Anda akan menemui dokter untuk memeriksanya. Jika tumor otak mencurigakan mereka akan merujuk Anda ke dokter spesialis, baik ahli saraf atau spesialis kanker (yang berspesialisasi dalam pengobatan kanker).

Kadang-kadang orang dengan tumor otak dapat mengalami kejang tiba-tiba dan dibawa langsung ke rumah sakit untuk tes diagnostik tumor.

Di rumah sakit, dokter akan mengambil riwayat medis Anda dan menanyakan gejala-gejalanya, jika ada. Anda kemudian akan memiliki pemeriksaan komprehensif yang mungkin termasuk scan detak jantung, pemeriksaan panggul untuk memeriksa kondisi umum Anda, dan pemeriksaan rinci sistem saraf Anda.

Tes sistem saraf mungkin termasuk:

  • Pemeriksaan neurologis dengan angka dan pertanyaan sederhana
  • Pemeriksaan mata ophthalmoscope (alat mata di pangkal mata). Tes ini dilakukan untuk memeriksa apakah piringan visual mata Anda bengkak atau tidak. Dalam kasus ketidaknyamanan visual bengkak disebut edema vesikuler dan itu adalah tanda tekanan di tengkorak. Visi Anda di sekitarnya juga akan diperiksa.
  • Pemeriksaan pendengaran.
  • Pemeriksaan otot wajah: tertawa, keriput wajah.
  • Gerakan lidah, periksa refleks menelan Anda.
  • Periksa kekuatan lengan dan kaki, refleks lutut, dan refleks lainnya. Dokter Anda akan memeriksa indera Anda ketika Anda memiliki tusukan kulit, perasaan panas dan dingin, kemampuan untuk mengenali perasaan, membedakan hal yang sama dengan uang …
  • Periksa keseimbangan dan koordinasi Anda (misalnya, mereka akan meminta Anda untuk mengambil beberapa langkah atau mengulangi langkah).

Apa saja tanda dan gejala kanker otak?

Tanda dan gejala umum

  • Pada tahap awal, sebagian besar tumor otak sering menyebabkan sakit kepala dan merasa sakit (mual). Gejala biasanya timbul dari peningkatan tekanan pada otak karena perkembangan tumor. Peningkatan tekanan disebut peningkatan tekanan intrakranial (ICP).
  • Tentu saja ada banyak alasan lain untuk sakit kepala dan perasaan sakit, tetapi jika Anda melakukannya selama beberapa minggu tanpa tanda-tanda kemajuan, sangat penting untuk menemui dokter.
  • Sakit kepala sering datang di pagi hari dan biasanya membangunkan Anda. Biasanya jenis sakit kepala ini akan berkurang sepanjang hari. Namun, itu bisa lebih menyakitkan ketika Anda batuk, bersin, membungkuk atau melakukan tugas berat lainnya. Semua ini cenderung meningkatkan tekanan pada otak.
  • Jika Anda meningkatkan tekanan yang membuat Anda sakit, Anda menjadi lebih berat di pagi hari, lebih ringan di siang hari, kadang-kadang menyebabkan Anda cegukan.
  • Seperti yang dijelaskan di atas, meningkatkan tekanan di tengkorak Anda juga mengubah visi Anda, membuat Anda bingung dan memengaruhi keseimbangan Anda.
  • Tanda umum lain dari tumor otak adalah kejang yang mengarah ke sinkop, kontraksi atau momen tidak sadar. Memiliki rasa sakit bisa sangat intens tetapi tidak harus karena tumor otak. Namun, Anda perlu pergi ke kantor medis untuk memeriksa penyebab pasti dan melakukan perawatan yang tepat.

Gejala yang berhubungan dengan lokasi tumor

Beberapa gejala mungkin disebabkan oleh tumor di area tertentu di otak. Secara umum, setiap wilayah otak mengontrol fungsi-fungsi tertentu, dan tumor dapat mengganggu fungsi normal otak.

Beberapa gejala tumor otak tercantum di bawah ini dalam kelompok di bawah berbagai bagian otak. Itu hanya panduan, diagnosis akurat akan dibuat oleh para dokter melalui tes. Ada diagram yang menjelaskan fungsi yang berbeda dari setiap wilayah otak.

  • Perubahan kepribadian dan kecerdasan. Efek samping yang tidak direncanakan atau melemahkan. Bau itu terkadang sulit untuk diucapkan.
  • Paralisis: Kesulitan dalam mengekspresikan atau memahami kata-kata, memiliki masalah dalam membaca atau menulis. Kesulitan dalam menerapkan gerakan terkoordinasi. Paruh yang lumpuh atau lemah.
  • Lepidoptera: Hilangnya penglihatan di satu sisi. Tanda ini mungkin tidak dapat segera dikenali dan kadang-kadang terlihat selama tes mata.
  • Disfungsi cerebellar: Koordinasi yang tidak memadai untuk berjalan dan berbicara (awkwardness), terhuyung-huyung, iskemia yang tidak disengaja. Muntah dan masalah leher.
  • Brain drain: Hilangnya arah dan inkoherensi dalam langkah-langkah. Deformitas wajah, tawa ke samping atau penurunan kelopak mata ke samping. Lihatlah satu atau dua, beberapa muntah atau sakit kepala setelah berjalan, sulit untuk mengatakan dan menelan. Gejala-gejala ini dapat muncul secara bertahap.

Semua gejala ini dapat disebabkan oleh penyebab lain yang bukan tumor otak. Jika Anda melihat tanda-tanda seperti yang dijelaskan, segera temui dokter.

Perubahan karakter

Tumor otak terkadang dapat menyebabkan perubahan dalam kepribadian dan perilaku. Gejala dapat muncul ketika tumor berada di belahan otak. Kondisi ini dapat membuat pasien dan keluarganya sangat takut. Kadang-kadang perlu mencari konseling psikologis untuk menentukan levelnya dan untuk mencari tahu bagaimana mengobatinya.

Cara Mendiagnosis Kanker otak

Di rumah sakit Anda mungkin harus melakukan beberapa tes berikut. Dokter Anda akan memilih tes yang paling sesuai untuk situasi spesifik Anda melalui gejala-gejalanya.

CT Cerebral (pemindaian otak)

Metode ini menggunakan banyak sinar untuk membuat gambar tiga dimensi dari bagian dalam kepala. Selama pengujian, Anda mungkin diminta untuk memasukkan input ke dalam pemindai terbuka. Pemindaian tidak menimbulkan rasa sakit tetapi membutuhkan waktu yang lama (sekitar 10 hingga 20 menit). Ini dapat digunakan untuk menentukan ukuran tumor yang tepat.

Kebanyakan orang dengan CT scan harus menyuntikkan cairan ke pembuluh darah untuk menciptakan gambaran yang lebih jelas tentang area tertentu di otak. Suntikan dapat membuat Anda merasa panas dalam beberapa menit. Sebelum Anda memberikan suntikan, beri tahu dokter Anda atau penyedia perawatan kesehatan lainnya jika Anda alergi terhadap bahan kimia atau menderita asma. Biasanya masih diperlukan suntikan, tetapi Anda harus menggunakan senyawa Xteroi sebelum dan selama penyuntikan.

Anda akan kembali ke rumah tepat setelah akhir pemindaian otak.

Pencitraan resonansi magnetik (MRI).

Tes ini sangat mirip dengan CT scan, tetapi menggunakan medan magnet bukan sinar X untuk membuat gambar cross-sectional otak. Sebelum tes, beberapa orang akan menyuntikkan warna kimia ke tepi lengan untuk mempertajam gambar. Selama syuting Anda harus berbaring di tempat tidur di dalam rongga sekitar 1 jam. Ini mungkin tampak aneh bagi mereka yang tidak menyukai ruang sempit, jadi akan lebih baik jika Anda menyebutkan hal itu kepada orang yang membuat bidikan untuk Anda. Proses pemotretan akan sangat bising tetapi Anda akan mengenakan penutup telinga atau earphone. Biasanya, mereka juga akan memberikan anggota keluarga untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Rongga berongga adalah magnet yang kuat sehingga sebelum memasuki ruangan Anda perlu untuk menghapus semua peralatan logam jika tidak, Anda tidak akan dapat melakukan scan MRI karena alasan kata infeksi.

MRI tidak menimbulkan rasa sakit tetapi membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Skull

Kasus tumor otak yang sangat jarang diperlihatkan pada tengkorak. Tes ini sederhana dan tidak menyakitkan, tetapi Anda harus berbaring di tempat tidur di kamar x-ray rumah sakit dan menjaga kepala Anda beristirahat selama beberapa menit.

Tes laparotomi

Tes laparotomi sering digunakan untuk memastikan paru-paru Anda tetap sehat dan tumor primer diperiksa.

Positron emission tomography (PET)

Tembakan ini memberikan animasi otak dengan menyuntikkan glukosa dengan sejumlah kecil bahan radioaktif. Injeksi akan dilakukan di bagian belakang tangan dan glukosa akan dikirimkan ke otak. Tumor biasanya menyerap glukosa dan bahan radioaktif yang diperlihatkan di layar.

Pemindaian PET dapat memberikan informasi apakah tumor sedang berkembang, jinak atau ganas. Setelah injeksi vena Anda akan diminta untuk berbaring diam di ruangan gelap dan menutup mata Anda. Anda kemudian akan ditempatkan di ruang pemotretan dan akan diminta untuk berbaring di tempat tidur dengan ikat pinggang melilit orang tersebut. Jumlah radioaktivitas yang disuntikkan ke seseorang tidak akan lebih dari radiasi biasa.

Otak angiografi

Arteri menunjukkan struktur pembuluh darah dan dapat menunjukkan lokasi tumor di dalam otak. Itu mungkin informasi yang berguna untuk operasi yang direncanakan. Pertama, tabung kecil (kateter urin) dimasukkan ke dalam arteri (biasanya daerah inguinal) di bawah anestesi lokal atau umum. Setelah kateter kemih telah ditempatkan di tempat, obat warna akan diperkenalkan bersama dengan radiasi ke arteri serebrovaskular. Anda mungkin harus bermalam di rumah sakit untuk melakukan arteri dan biasanya Anda akan diberi suntikan narkotika atau anestesi untuk melakukan tes ini.

EEG

Ini adalah metode merekam aktivitas listrik di dalam otak. Selama pengujian, kabel akan dihubungkan ke pelat plastik kecil yang menempel di kepala Anda saat Anda menerapkan solusi khusus pada kepala. Impuls saraf yang direkam akan dicetak. Tes ini akan memakan waktu sekitar 1 jam, benar-benar aman dan tidak akan sakit. Anda tidak perlu memotong rambut agar setelah tes Anda bisa mencuci larutan itu dioleskan ke kepala.

Sumber  : www.onemillionunited.com